11 Cara Menjadi Orang Sabar Dan Ikhlas Dalam Segala Hal

Ingat, anda harus selalu berfokus pada tujuan akhir untuk menghidari sikap terburu-buru yang bisa berakibat sangat deadly. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hal demikian. Faktor yang menjadi utama adalah tentang durasi pertemuan sang ayah untuk dapat bertemu dengan anak jauh lebih sedikit dibandingkan si ibu.

Dengan menjadi orang yang sabar, kita bisa menjalin hubungan dengan lebih baik lagi dengan keluarga, teman, sahabat dan juga companion kerja. Pertama, jangan menyandarkan hati kepada selain Allah. Jika kita menyandarkan hati kepada selain Allah saat menghadapi satu masalah atau musibah, pertolongan Allah akan semakin jauh dari kita. Kedua, dalam bertawakal, jangan melakukan ikhtiar dengan mudarat yang lebih besar daripada manfaat. Seperti menyelesaikan segala urusan dengan cara-cara yang syar’i, bukan dengan cara yang haram.

Jadi, tanamkan sikap sabar dan ikhlas dalam suatu kesabaran. Memang tidak mudah menjadi orang sabar, terutama ketika situasi berjalan tidak sesuai harapan. Belajar untuk menjadi conscious atau sungguh-sungguh saat menjalani aktivitas seperti saat makan bisa menjadi cara melatih kesabaran juga. Seberapa mengganggunya situasi yang tengah terjadi, tetap ambil sisi positif dari kondisi itu. Memang tidak mudah, terlebih ketika pikiran sudah didominasi emosi negatif.

belaajr untuk lebih sabar

Pada tiap tarikan napas, serap semua energi positif di sekitar. Saat menghembuskan napas, buang energi negatif yang bersemayam dalam tubuh. Contohnya ketika sedang menunggu orang yang sudah 30 menit terlambat datang ke meeting Online Game Terpercaya. Memang bukan hal yang baik membuat orang lain menunggu.

Kamu juga akan mendapat banyak perspektif dan ilmu baru terkait berlaku sabar yang akan membuatmu menjadi lebih bijaksana. Dengan menjadi pribadi yang ikhlas, kamu akan mampu pasrah atas segala kondisi kehidupanmu tanpa terlalu terbebani atas tuntutan orang lain. Selalu bersyukur dan ikhlas akan membantumu melihat hikmah dari segala persitwa dalam hidupmu.

Mungkin saja saat ini bukanlah waktu yang tepat bagi terwujudnya mimpi itu. Tetap bersabar sembari berusaha adalah hal yang terbaik. Tidak ada orang yang mengatakan, bahwa sabar itu mudah dilakukan. Jika kamu mampu bersabar, maka akan mendapatkan sesuatu yang lebih indah di kemudian hari. Sesungguhnya tak ada yang benar-benar sabar, mereka yang dibilang penyabar sesungguhnya memiliki amarah dalam hatinya. Hanya saja ia hebat dalam meredam dan mengatur amarahnya dan memilih untuk diam dan berusaha mencari solusi terbaiknya.

“Hidup itu bukan soal menemukan diri Anda sendiri, hidup itu membuat diri Anda sendiri.” -George Bernard Shaw. Ketika kamu merasa semua hal adalah tanggung jawabmu itu pasti akan membuatmu tersiksa dan stres. Ketika kamu terus menerus merasa berkewajiban untuk menyelesaikan semua masalah mereka, maka anak-anak tidak akan belajar untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Bagi kamu yang beragama Islam tentu akan lebih tersentuh hatinya dengan kata-kata sabar bernuansa islami.

Problem yang saat ini kamu alami akan menjadi pengalaman berharga yang mampu menjadikanmu pribadi yang lebih tegar dan dewasa. Jika kamu pun berpikiran demikian, mungkin kamu perlu memperbaiki persepsimu dengan menyimak kata-kata bijak sabar dan ikhlas dari Kahlil Gibran tersebut. Orang yang kuat bukanlah ia yang selalu mendapatkan apa yang diinginkannya, melainkan orang yang selalu mampu bangkit ketika terjatuh. Untukmu yang sedang patah hati, perhatikan baik-baik kata-kata bijak sabar dan ikhlas di atas. Kosongnya hati akibat kehilangan akan membuka kesempatan bagi kisah baru yang mungkin akan lebih baik daripada sebelumnya.