Antisipasi Lonjakan Covid

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, setiap pelaku perjalanan internasional harus tunduk kepada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 nomor eight tahun 2021. WNA harus menjalani prosedur screening dan karantina sesuai beleid tersebut, baik lokasi dan mekanismenya. Salah satu tahapan yang harus dilalui WNA yang baru saja tiba di Indonesia adalah proses karantina selama 5×24 jam di fasilitas yang sudah direkomendasikan pemerintah. Berikut ini hasil rangkuman TrenAsia.com, Rabu, 30 September 2020, beberapa rumah sakit maupun hotel berbintang yang menyediakan fasilitas isolasi mandiri dengan berbagai tarif. Begitu tiba di Indonesia, mereka harus menjalani karantina selama lima hari dan menjalani dua kali tes PCR. Selain itu, karantina juga bisa dilakukan di resort yang ditunjuk pemerintah dengan biaya mandiri.

Staf Khusus Menkeu Yustinus Prastowo sebut anggaran ini diberikan untuk resort yang memfasilitasi karantina pasien COVID-19 di DKI. Selain itu harga tersebut juga sudah termasuk penjemputan di airport oleh supir yang ditugasi oleh resort dan 2 kali SWAP PCR. PCR nya sendiri dilakukan langsung di ruangan di foyer hotel. Holiday Inn Express membuka harga di Rp5,500,000 web untuk 6 hari dan 5 malam, jika kamu lebih dari satu orang maka orang kedua bisa mendapatkan fee sebesar Rp three,300,000 web untuk 6 hari dan 5 malam juga. Namun, mohon maaf jika ada beberapa resort yang belum membalas email saya dan tidak bisa saya isi harga dan paketnya. Semua supir resort dari tempat yang kamu pesan akan sudah menunggu di terminal 3 tepat di jam kedatangan kamu.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menuturkan seluruh sumber daya bandara juga siap digunakan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pencegahan covid-19. Kesepakatan ini sekalgus sebagai persiapan implementasi hasil Rapat Kabinet Terbatas tanggal 28 Desember 2020, yang menghasilkan keputusan untuk menutup sementara masuknya WNA dari semua negara ke Indonesia selama periode 1-14 Januari 2021. Sebanyak ninety nine WNA asal China dilakukan karantina di wisma ataupun dihotel yg telah ditunjuk. Dalam implementasi karantina ini, pihak hotel akan menyiapkan transportasi secara harian dari bandara ke hotel. Penumpang dimungkinkan untuk menggunakan kendaraan pribadi selama mendapatkan persetujuan dari Satgas COVID-19.

Masing-masing adalah Hotel Mercure Kemayoran, Hotel Grand Hyat, FM7 Resort Hotel, Hotel Oakwood, Swisbel Residence Kalibata, Hotel 101 Darmawangsa, Sahid Jaya Lippo Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 Cikarang, dan Hotel Mulia. Bagi WNI yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah India dalam kurun 14 hari sebelum memasuki Indonesia hanya diizinkan masuk melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi .

“Dari pemeriksaan dokumen paspor secara acak didapatkan bahwa para Warga Negara China tersebut masuk ke Indonesia dengan KITAS,” katanya. Berdasarkan informasi yang diperoleh poskota.co.id, Ketiga WNI tersebut dilakukan karantina di Wisma Pademangan. Pesawat tersebut diketahui mendarat pukul 05.09 WIB dengan penumpang one hundred sixty orang yang terdiri 157 WNA dan three orang WNI. Para WNA tersebut datang dari Guangzhou, China dengan menggunakan pesawat China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ-387. Wiku mengatakan, perubahan aturan ini akan dituangkan dalam surat edaran Satgas Penanganan Covid-19 yang akan terbit dalam waktu dekat.

Hotel ini memiliki fifty six kamar untuk dijadikan tempat isolasi mandiri, dimana tiap kamarnya bisa dihuni dua pasien. Selain itu juga ada enam kamar yang digunakan untuk tenaga medis, untuk memberikan pelayanan medis kepada pasien. Sementara itu, Hotel Wyndham Casablanca Jakarta memberi informasi telah menerima pesanan oleh Ngambar Rukmi atas nama suami, Maksim Fedorov, dan anak pertama Evgeny Maksimovich Fedorov, berkebangsaan Rusia, dengan kedatangan di Indonesia 16 – 21 Februari 2021. Atas reservasi tersebut, pihak Wyndham telah mengirimkan surat konfirmasi dengan melampirkan peraturan selama di Indonesia harus melakukan karantina dulu lima malam, yakni di lodge Wyhdham.

Karantiana di hotel Indonesia

Dr Benget juga menyodorkan surat pernyataan dari laboratorium PRVKP-UI tertanggal 23 Februari 2021, perihal “Keterangan Kebenaran Pemeriksaan Pemeriksaan RT-PCR Covid-19”. Surat itu ditandatangani penanggung jawab pemeriksaan, Dr dr Budiman Bela, Sp MK dan diketahui supervisor pemeriksaan Fathurrohim, S Pd, M Biomed. WNA yang terjadwal tiba di Indonesia selama Desember 2020 wajib mengikuti peraturan Satgas Covid-19 melalui SE Satgas Covid-19 nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021.

“Whole Genome Sequencing ini merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk memetakan varian Covid-19 yang masuk ke Indonesia,” kata Wiku. Tamu anda akan menerima clearance / surat ijin dari PQO petugas yang incharge di resort pada saat try di hari ke 6. Beberapa warga yang positif Covid-19 sudah dipindah ke Wisma Atlet Kemayoran untuk perawatan lebih lanjut. Dari 38 lodge yang menjadi rujukan resmi pasien Covid-19, 8 di antaranya tidak menampung satu pun pasien.