Berita Gembira, 2 Vaksin Ini Ampuh Lawan Corona Ganas India

Indonesia kembali mendatangkan 10 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac berbentuk bahan baku dan 1 juta dosis overfill vaksin. Bisnis.com, JAKARTA – Vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca Plc diklaim efektif untuk melawan strain baru virus yang muncul di Inggris. Klaim itu muncul dari sebuah studi yang dilakukan oleh University of Oxford yang merupakan rekanan AstraZeneca. Namun, dunia termasuk Indonesia sudah harus menghadapi serangan pressure atau varian virus baru dari mutasi Sars-CoV-2 seperti B117 dari Inggris, B1351 asal Afrika Selatan, P1 dari Brasil, dan B.1.617 asal India. Penelitian itu tidak bisa menemukan vaksin AstraZeneca bisa melindungi orang-orang dari infeksi serius dan rawat inap atau tidak. Sebab, para peserta yang terlibat termasuk golongan berisiko terinfeksi virus corona Covid-19.

Australia mengalami peningkatan kasus dalam beberapa hari terakhir, namun pihak berwenang tidak yakin bahwa peningkatan kasus infeksi itu berasal dari mutasi baru corona. Sebuah penelitian dari University of Oxford menyebutkan vaksin buatan AstraZeneca Plc. Sementara itu, vaksin AstraZeneca tercatat 60 persen efektif melawan varian India, dibandingkan dengan 66 persen melawan varian Kent. Temuan varian mutasi virus baru ini sempat menimbulkan kekhawatiran di masyarakat terkait dengan efektivitas vaksin. Para peneliti berencana menjalankan tes serupa untuk melihat jika vaksin efektif melawan mutasi lain yang ditemukan di varian Inggris dan Afrika Selatan. Mereka berharap knowledge Agen Bola Online yang lebih banyak bisa didapatkan dalam beberapa pekan ke depan.

Vaksin Astra Zaneca ampuh melawan varian baru covid

Pihaknya mengungkapkan hal itu dengan mengutip sebuah riset di jurnal Natural Medicine, yang menyebutkan vaksin Pfizer menghasilkan antibodi yang menetralkan versi virus yang bermutasi, yang mulanya muncul di Inggris dan Afrika Selatan. Biasanya, penerima vaksin akan mendapatkan suntikan di lengan, memasukkan vaksin ke dalam ototo. Indonesia tengah menggalakkan vaksinasi nasional demi menekan angka kasus Covid-19. Dengan banyaknya masyarakat yang divaksin, membat herd immunity bisa lebih mudah tercapai. “Saya rasa setidaknya akan melindungi kita dari penyakit, dan kemungkinan juga dari infeksi.” katanya. Direktur regional WHO untuk Afrika, Matshidiso Moeti mengatakan, varian B1351 memiliki pola mutasi berbeda dengan B117.

Kendati mengalami penurunan, angka tersebut masih jauh di atas tingkat perlindungan minimal yang ditetapkan oleh WHO, yakni sebesar 50 persen. Jokowi menyatakan sudah bertemu dengan Majelis Ulama Indonesia dan sejumlah ulama Jatim untuk membicarakan penggunaan vaksin AstraZeneca. Dream- Presiden Joko Widodo menyatakan vaksin Covid-19 AstraZeneca akan digunakan untuk vaksinasi di pesantren-pesantren Jawa Timur. Dilansir dari reuters.com, Selasa 23 Maret 2021, proses penjualan telah dilakukan sejak pekan lalu.

Kementerian Kesehatan menegaskan, batch AstraZeneca selain CTMAV547 aman digunakan sehingga masyarakat tidak perlu ragu. Pengenaan sanksi tilang bagi kendaraan yang belum lulus uji emisi di Jakarta ditunda. Padahal pemerintah DKI Jakarta menargetkan penerapan sanksi tilang bagi pelanggar aturan itu berlaku mulai 24 Januari lalu. “Kami telah menguji pada 16 mutasi yang berbeda dan tidak satu pun dari mutasi-mutasi tersebut yang memiliki pengaruh yang signifikan,” kata Dormitzer.