Penjelasan Bnpb Atas Video Wni Dari Luar Negeri Yang Mengaku ‘diperas’ Terkait Karantina Covid

Karantina ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia. Setelah turun dari pesawat, para penumpang yang telah menyelesaikan proses imigrasi dipersilakan untuk mengambil bagasi, kemudian diarahkan ke bus atau moda transportasi lainnya yang telah diarahkan untuk menuju lodge karantina. “Kasus repatriasi ini umumnya pulang ke desa baik pekerja migran Indonesia, pelajar, ASN, dan lainnya. Di luar itu , ditempatkan di lodge yang direkomendasikan Satgas dan berbayar mandiri.

Karantiana di hotel Indonesia

JAKARTA – Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo memberikan restu kepada pihak lodge yang secara khusus ditunjuk untuk melayani karantina sementara bagi para penumpang pesawat dari luar negeri pada tanggal Desember 2020, tetap dibuka untuk tamu umum. Selama masa pandemi, fasilitas restoran di lodge tetap beroperasi sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku selama masa pandemi COVID-19. Oleh dr Bara Kharisma, pasien diberi tahu ihwal mekanisme dan protokol isolasi selama di Tower 8, terutama untuk pasien kedatangan internasional. Sesuai KMK, pasien kedatangan internasional dengan hasil swab PCR test positif harus diisolasi selama 10 hari dan tidak dilakukan comply with up PCR-test setelah masa isolasi selesai. Rentin mengemukakan, dana untuk pembayaran lokasi karantina sepenuhnya tanggungan dari pemerintah pusat dan untuk saat ini pembayaran memang belum tuntas seluruhnya dengan tunggakan lebih dari Rp30 miliar dari 15 hotel karantina.

Yup, supir saya harus menunggu sekitar 3 jam lamanya hingga saya bisa keluar dari airport. Sesampainya di Indonesia, penumpang diperbolehkan keluar dari pesawat seperti biasanya hingga akhirnya ketika sampai di decrease floor terminal 3 penumpang diminta untuk duduk di kursi yang sudah disediakan dan harus mengisi kind kesehatan. Keputusan ini didukung oleh sejumlah pihak termasuk pemerintah daerah yang membatasi aktivitas publik seperti transportasi umum dan area perkantoran. “Dengan kenaikan terbaru dalam kasus harian yang menunjukkan tren meningkat drastis, kapasitas rumah sakit di seluruh negeri untuk merawat pasien COVID-19 menjadi terbatas,” kata Muhyiddin, melansir Reuters, Jumat 28 Mei 2021.

Sebagai persiapan implementasi hasil Rapat Kabinet Terbatas tanggal 28 Desember 2020, yang menghasilkan keputusan untuk menutup sementara masuknya Warga Negara Asing dari semua negara ke Indonesia per 1-14 Januari 2021. Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo memberikan restu kepada pihak lodge yang ditunjuk untuk melayani karantina. Slot Online Terpercaya Hotel masih bisa melayani pengunjung umum jika hanya diisi penumpang dari luar negeri yang datang pada Desember 2020. “Seluruh sumber daya Bandara Soekarno-Hatta, baik itu fasilitas maupun personel siap digunakan untuk mendukung kebijakan penutupan masuknya WNA pada 1-14 Januari 2021, dan juga karantina bagi WNI yang tiba sampai 14 Januari 2021,” ucapnya.

Sementara itu di hotel Ibis Budget Jakarta Airpot, WNI dikenakan harga sebesar Rp 4,three juta untuk paket enam hari dan lima malam. Harga paket karantina yang disediakan lodge ini sebesar Rp 5,5 juta untuk enam hari dan lima malam. Jika tidak mau mengeluarkan biaya, maka WNI yang baru kembali dari luar negeri juga disiapkan fasilitas karantina yang disiapkan pemerintah. Misalnya, WNI yang tiba di Jakarta disiapkan tempat karantina di Wisma Pademangan. Karantina dilakukan sambil menunggu hasil uji spesimen lewat metode Polymerase Chain Reaction .