Sudah Masuk Jateng, Varian Baru Covid

Varian B1617 memiliki beberapa mutasi, termasuk dua mutasi penting E484Q dan L452R, sehingga kadang-kadang disebut mutan ganda. Mutasi penting pertama serupa dengan yang lain (E484K atau kadang-kadang dijuluki “Eek”) yang diamati di Afrika Selatan, Brasil, dan baru-baru ini, varian Inggris. Namun, belum diketahui pasti apakah ledakan kasus COVID-19 di India saat ini terkait dengan varian ini, atau itu didorong oleh perilaku warga India atau hal lainnya. Untuk mencegah warga negara sing masuk ke Indonesia, pihak imigrasi akan menangguhkan sementara visa kunjungan dan tinggal terbatas. “Diberhentikan sementara dalam proses pemberian visa bagi warga negara India yang masuk ke wilayah Indonesia,” kata dia.

Para lansia, anak-anak, dan wanita hamil tidak diizinkan untuk menghadiri acara tersebut. “Kami telah mendirikan pusat pengujian antigen di setiap pintu masuk,” kata Gopal Singh Chauhan, seorang pejabat di Uttarakhand. Dalam paparannya, Budi mengatakan dari 10 orang yang terpapar varian baru corona dari India, enam orang di antaranya tertular dari luar negeri. Setiap hari, Anselmo Tunubala keluar masuk pemukiman di pegunungan Kolombia barat daya untuk meyakinkan warga tentang pentingnya vaksinasi. Banyak warga meragukan vaksin dan cenderung mengandalkan pengobatan tradisional, serta bimbingan para pemuka agama. Di Lembah Maira di Alpen Italia barat, dekat perbatasan dengan Prancis, dokter mendatangi rumah ke rumah untuk memberi suntikan COVID-19 kepada penduduk yang berusia lebih dari 80 tahun.

Kelelahan merupakan gejala umum yang dilaporkan, meskipun kelelahan juga dilaporkan pada gejala strain asli. Namun kondisi ini lebih sering dilaporkan pada pressure dan mutasi yang lebih baru. Nyeri ini dapat muncul akibat adanya peradangan akut di tubuh atau reaksi abnormal oleh sistem kekebalan. Namun, tidak ada bukti bahwa mereka mampu menyebabkan penyakit atau kematian yang serius. Warga yang tidak bisa ke kota, dengan senang hati menyambut dokter dan tim medis di rumah mereka untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

“Sementara memang harus kita pisahkan dengan pasien covid-19, kita juga ada tugas juga untuk penanganan PMI yang terpapar covid-19. Nah itu yang kita manfaatkan, kapasitanya nggak banyak, sekitar 10 tempat tidur,” ujar Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran. Jeremy Kamil, seorang virolog di Louisiana State University, Amerika Serikat, mengatakan salah satu mutasinya mirip dengan mutasi yang terjadi pada varian yang diidentifikasi Togel Online Terpercaya di Afrika Selatan dan Brasil. “Virus tidak mengenal perbatasan negara, kebangsaan, umur, jenis kelamin atau agama,” kata ilmuwan kepala di Organisasi Kesehatan Dunia , Soumya Swaminathan, seperti dikutip dari BBC News. Kondisi seperti itu tidak hanya menjadi krisis di India saja, bisa jadi negala lain pun akan mengalami hal yang sama. Para ahli telah mengatakan gelombang ketiga pandemi akan jauh lebih dahsyat dari yang pertama.

Muncul varian baru covid dari India

Selain itu, rumah sakit juga harus mempersiapkan fasilitas seperti BOR dan oksigen. Akibatnya persediaan oksigen dan tempat tidur di berbagai di rumah sakit mulai menipis. Penambahan kasus di India pun dikaitkan dengan lonjakan kasus yang tengah terjadi di dunia saat ini.

Dengan adanya varian baru yang muncul di India, pemerintah setempat langsung mengambil pencegahan cepat untuk memutus penyebaran virus Covid-19. Laboratorium sekuensing genom sedang mencari mutan yang memiliki potensi signifikan untuk sangat mempengaruhi penularan penyakit. Merdeka.com – Ancaman varian baru virus SARS-CoV-2 kini meresahkan masyarakat Indonesia. Virus SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab munculnya COVID-19, kini dikabarkan telah bermutasi dan mulai menyebar ke seluruh dunia. JAKARTA, iNews.id – Masyarakat harus hati-hati dan lebih waspada, menyusul ditemukannya varian baru dari virus corona (Covid-19). Virus corona varian baru itu disebut lebih cepat menular dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Dengan varian baru yang muncul di India (dengan nama B.1.617) yang dikenal sebagai ‘mutan ganda’ maka kekhawatiran akan semakin tinggi. “Mulai sekarang rumah sakit harus mempersiapkan hal terburuk, jangan sampai seperti India. BOR penuh, oksigen penuh dan kremasi melonjak,” papar mantan anggota DPRD Bali ini. Aturan itu juga berlaku bagi warga negara asing lainnya yang memiliki riwayat perjalanan dari India dalam kurun waktu 14 hari sebelum masuk Indonesia. Nanti saya rapat dengan pemerintah pusat, akan saya sampaikan terkait hal ini,” pungkasnya. Ganjar mengatakan terus memantau para tenaga kesehatan di RSUD Cilacap yang juga terkonfirmasi positif Covid-19. Semuanya telah diperiksa dan dilakukan tes WGS di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Dia menyebut, varian B1617 memiliki semua ciri khas virus yang sangat berbahaya. Ilmuwan senior WHO Maria Van Kerkhove mengatakan pada Senin (10/5), ada “beberapa informasi yang tersedia untuk menunjukkan peningkatan penularan B.1.617”, varian baru virus corona yang terdeteksi di India. Dan mutasi ini mungkin membantu virus menghindari antibodi di dalam sistem kekebalan tubuh yang dapat melawan virus corona berdasarkan pengalaman penularan sebelumnya atau vaksinasi. BACASAJA.ID -Munculnya virus corona varian baru dan meningkatnya penularan di India membuat Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi Surabaya, melarang warga negara asing masuk melalui Bandara Internasional Juanda. Namun, mutasi virus di Finlandia itu dianggap tidak mengkhawatirkan karena belum ada informasi jelas apakah lebih cepat menular atau mempengaruhi kekebalan baik karena sembuh dari penyakit tersebut maupun vaksinasi.

Bagi WNI yang pernah mengunjungi India dalam kurun waktu 14 hari terakhir tetap diperbolehkan kembali Indonesia dengan syarat harus menjalani karantina 14 hari dan 2 kali tes swab PCR di awal dan di akhir karantina. Di Vietnam, varian baru yang ditemukan dilaporkan merupakan persilangan antara Alfa (B.1.1.7) dan Delta (B.1.617). Sejauh ini, sebanyak 1 juta dari ninety six juta populasi di Vietnam telah divaksinasi dengan AstraZeneca. Vaksin ini memberikan perlindungan yang baik terhadap varian Alfa, tetapi tidak seefektif untuk varian Delta. Meski begitu, sejauh ini belum ada penyelidikan yang diluncurkan untuk melihat bagaimana vaksin yang ada saat ini bekerja melawan varian virus yang ditemukan di Vietnam. Pengurutan genom yang dilakukan oleh Institut Virologi Nasional India telah mengindentifikasi 8 jenis mutasi dari varian ini.