Vaksin Pfizer Efektif Cegah Covid

Sedangkan, peneliti Afrika Selatan menyatakan AstraZeneca tak ampuh melawan varian baru corona yang lebih menular. Meskipun demikian, selayaknya pihak berwenang di Inggris, otoritas Afrika Selatan mengatakan bahwa mutasi virus corona juga menyebabkan peningkatan kasus COVID-19. Ilmuwan Afrika Selatan mengatakan mereka sedang mempelajari apakah vaksin COVID-19 mampu memberi perlindungan terhadap strain Togel Online baru COVID-19 di negara itu. Otoritas Australia melaporkan telah mendeteksi varian baru COVID-19 setelah dua wisatawan dari Inggris yang terbang ke negara bagian New South Wales diketahui membawa varian mutasi virus corona.

Penelitian di negara lain terhadap varian B.1.1.7 menyebut bahwa mutasi ini lebih cepat menular, tapi tidak lebih mematikan. Ribuan varian jenis virus korona yang menyebabkan COVID-19 telah didokumentasikan saat virus tersebut bermutasi, termasuk yang disebut varian Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil yang tampaknya menyebar lebih cepat daripada yang lain. Oleh karena itu, Pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak memilih-milih vaksin COVID-19.

Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya. Konten cek fakta ini kerja sama Katadata dengan Google News Initiative untuk memerangi hoaks dan misinformasi vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

Hasil penelitian awal juga menunjukkan bahwa vaksin Pfizer-BioNTech mampu melindungi dari varian baru. Otoritas Kesehatan Inggris menyebut vaksin Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca efektif dalam menangani varian Covid-19 yang ditemukan di India. Pemberian vaksin AstraZeneca juga menunjukkan kemampuan yang baik dalam merangsang pembentukan antibodi pada populasi dewasa maupun lanjut usia. Efikasi vaksin dengan 2 dosis standar yang dihitung sejak 15 hari pemberian dosis kedua hingga pemantauan 2 bulan menunjukkan sebesar 62,10 persen. Temuan ini berasal dari setidaknya 1.500 tes swab hidung/tenggorokan dari 499 peserta uji coba dalam studi Fase I / II.

Vaksin Astra Zaneca ampuh melawan varian baru covid

Tubuh manusia telah membentuk antibodi untuk melawan flu sebelumnya, tetapi belum membentuk antibodi baru untuk melawan patogen yang baru bermutasi. Perusahaan Bio-farmasi Moderna dari AS menyusul umumkan sukses dengan vaksin yang diberi nama mRNA-1273 dengan efektifitas 94,5%. Sama dengan BioNTech, vaksin dikembangkan dengan teknologi teranyar berbasis mRNA virus. Keunggulan vaksin Moderna adalah hanya perlu pendinginan minus 30° C dan tahan seminggu dalam lemari pendingin biasa. “Menutup perbatasan bukanlah ide yang baik, terutama di Uni Eropa,” kata Kremsner pada Senin (21/12). “Kita harus bekerja sama sesama negara anggota dan bersama-sama untuk memerangi pandemi ini. Kita hanya bisa berhasil memerangi penyakit yang menghancurkan ini bila dilakukan secara bersama-sama” tambahnya.